Cara Mudah Menenangkan Pikiran


Kita setiap hari melakukan aktivitas, dan sering kali kita merasa begitu banyak yang ada dalam pikiran kita itulah "galau" yang ku maksud, bukan galau karena hal hal lain. Kebanyakan pikiran membuat kita sering tidak fokus terhadap hal utama yang harus di kerjakan. Akhirnya pekerjaan tak selesai dan kita akan semakin stress. Untuk itu di perlukan pikiran yang tenang. Dibawah ini di uraikan cara unutk menenangkan pikiran anda:



1. Tarik Nafas
Kita harus melakukan seuatu kegiatan apapun dengan menarik nafas. Tidak perlu dalam-dalam tapi rasakan aliran udara masuk ke tubuh.

2. Ambil Wudhu
Jika Anda seorang yang beragama Islam, mengambil wudhu bisa menenangkan pikiran. Kembali ke fitrah manusia dapat memantapkan lagi rohani kita dan air yang bersih bisa mengembalikan kita kepada fitrah kejadian. Air yang segar dapat memberi energi dan fokus yang dibutuhkan dan wajah akan pasti kembali ceria.

3. Tulis
Ada banyak hal yang bermain di dalam pikiran Anda. Anda perlu mengidentifikasi apa sebenarnya yang Anda pikirkan untuk memungkinkan pikiran mengurus hal-hal ini. Cara yang paling mudah adalah dengan menulis satu-persatu apa yang Anda sedang pikirkan. Jangan mencoba untuk mengidentifikasi kategori hal-hal ini dahulu, lanjutkan saja menulis.
 
4. Tandai Yang Utama
Setelah Anda rasa puas dengan apa yang Anda tulis, Anda kini harus menandai yang mana yang paling utama. Tandai dengan nomor atau gunakan "rating" yang baik untuk membantu Anda dalam proses ini. Lebih baik lagi jika Anda klasifikasikan hal-hal ini berdasarkan tujuan hidup Anda dan apa yang paling penting dalam hidup Anda.

5. Hapus Yang Tidak Penting
hapus hal-hal yang sepele dan tidak relevan. Hal-hal sepele yang Anda pikirkan bisa jadi hal seperti "Apa yang kekasih lama aku sedang lakukan?" Atau "Soekarna hidup lagi kah?". Anda akan dapat melihat banyak hal yang bermain di pikiran Anda sebelum ini adalah hal-hal yang tidak relevan dan hanya membuat Anda kurang produktif dalam menyelesaikan urusan harian dan masalah-masalah lain yang lebih penting. Hal-hal inilah sebenarnya yang menghalangi Anda untuk berpikir secara cerdas.

6. Cukup Istirahat & Tidur
Dengan memejamkan mata, atau memandang jauh ke arah kehijauan alam akan dapat memberi Anda perasaan yang tenang. Tidur yang tidak cukup. Pejamkan mata sejenak di waktu istirahat Anda, atau keluar ambil angin dalam kondisi yang nyaman dan positif.
 
7. Kurangi menonton TV atau membaca koran di waktu pagi
Berita harian penuh dengan berita-berita yang menyanyat hati. Kejahatan, kecelakaan, bencana dan lain-lain bisa memberi energi yang negatif kepada kita. Jika Anda menerapkan kebiasaan membaca berita-berita ini di waktu Anda sarapan, Anda akan mulai hari Anda dengan pandangan yang negatif.
Menonton TV dengan berlebihan akan membuat pikiran Anda menerawang jauh tentang hal-hal yang mencoba disampaikan dalam acara yang Anda tonton. Fokus Anda pada hal yang lebih penting akan terpengaruh karena Anda mengizinkan info-info dan ide-ide baru ini masuk ke dalam pikiran Anda.
8. Kembali Ke Alam
Mengembalikan diri ke alam akan dapat memperlambat waktu dan memungkinkan Anda hidup dalam waktu kini; Bukan hidup dalam waktu dahulu atau waktu depan, di mana Anda terkejar-kejar dengan impian demi impian dan dilambatkan pula dengan kisah-kisah sedih dan penyesalan demi penyesalan tentang apa yang sudah terjadi.
 

9. Lepaskan
Anda khawatir tentang sesuatu? Anda rasa tidak puas pada apa yang telah Anda lakukan? Rasa marah? Berdendam? Tertekan? Cara yang paling mudah untuk mengosongkan pikiran yang galau adalah dengan mengalah dan melepaskan
Kita harus menjadi seorang yang berjiwa mantap dan tegas dalam mengontrol perasaan untuk memungkinkan diri maju ke depan. Meskipun perasaan-perasaan ini adalah alami, tetapi kebanyakan adalah tidak menguntungkan. Pikirkan.

10. Pembaruan Ruang Anda
Tempat kerja atau rumah Anda harus selalu berada dalam kondisi yang rapi. Mata kita selalu melihat, dan melihat kondisi yang tidak kemas sedikit-sebanyak akan mempengaruhi pikiran Anda. Kita cuma tidak sadar akan hakikat ini. Ambillah tindakan dan inisiatif untuk memperbarui dan Anda pasti akan mendapat energi yang baru.

11. Berbagi Masalah
Jangan simpan permasalahan Anda. Jika Anda memiliki kekasih atau seseorang yang penting dalam hidup Anda, curhatlah masalah Anda dengan mereka. Mendengar masalah orang lain juga dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah Anda sendiri. Terkadang kita tidak sadar tentang sesuatu yang lebih baik sebagai solusi. Dengarlah dan berbicaralah dengan hati dan pikiran yang terbuka.

12. Sedikit Lagi
Ingat lagi hal-hal yang Anda tuliskan dalam langkah ketiga sampai langkah kelima. Hapus separuh dari hal-hal ini.

13. Buat
Fikir dan buat. Jangan pikir dan terus berpikir. Buat hal yang paling penting dan tidak memakan waktu yang lama terlebih dahulu.

Sekian yang bisa saya tuliskan mengenai cara mudah menenangkan pikiran semoga yang sedang banyak pikiran karena banyak pekejaan atau karena kegiatan sehari hari dapat teratasi. terima kasih 

Categories:

5 Responses so far.

  1. terimakasih, ini artikel yang sangat bermanfaat

  2. Thanks infonya sangat membantu dan bermanfaat karena setiap manusia pasti ujian dan cobaan.

Leave a Reply