Fakta tentang Jeruk


Jeruk adalah tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya..Jeruk tidak hanya dikenal karena sifat mereka dan rasa lezat tetapi jeruk memiliki nilai kandungan gizi yang baik.

Berikut adalah beberapa fakta mengenai Jeruk: 
  • Asal tahu saja jeruk itu asal usulnya ternyata dari Asia Tenggara, seperti Cina dan India, di mana jeruk ditanam sejak 2500 SM. Selama ribuan tahun, jeruk hanya di nikmati oleh masyarakat di Asia Tenggara, sementara orang di Timur Tengah, Yunani, Italia, dan bagian lain dunia tidak menyadari kalau Jeruk itu buah lezat.

  • Brasil adalah produsen terbesar jeruk di dunia, dan Florida menjadi terbesar kedua. Sekitar setengah dari jus jeruk di dunia dan sekitar 80% konsentrat jeruk dunia berasal dari Brasil. Sungguh ironis jika menggingat asal usul dari jeruk sendiri.
 
  • Jeruk kaya akan vitamin C, yang diperlukan oleh tubuh manusia. Vitamin C adalah antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan penyakit kudis (perdarahan pada gusi). Jeruk juga kaya akan serat yang membantu meningkatkan tingkat kolesterol baik dalam darah, mengatur kadar gula darah dan membantu dalam mencegah kanker usus besar. Jeruk juga mengandung kalsium, kalium, magnesium dan vitamin B6.
 
  • Jeruk dapat disimpan pada suhu ruangan selama 2-3 hari dengan nyaman. Jika didinginkan, mereka dapat disimpan sampai 14 hari.

  • Ingatlah untuk tidak memiliki jus jeruk dengan perut kosong, karena asam sitrat hadir dalam jus akan menyebabkan keasaman dengan merangsang sekresi pencernaan.
 
  • Jeruk yang biasa kita manfaatkan tentunya isinya namun ternyata Kulit jeruk mempunyai banyak manfaat untuk meringankan berbagai gejala penyakit.
 
  • Bau jeruk ternyata dapat menenangkan pikiran, tapi ini hanya berlaku jika anda suka jeruk, kalau yang tidak suka yang jangan menenangkan pikiran dengan mencium jeruk. ha ha ha
Sekian saja yang dapat saya tulliskan tantang fakta mengenai jeruk. Jadi intinya jangan ragu ragu untuk makan Jeruk. Thanks.


Categories:

Leave a Reply